Seputar Berita Hari Ini Surabaya

Berita hari ini Surabaya akan membahas mengenai lanjutan penyelidikan terhadap mantan Menteri BUMN era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, Dahlan Iskan. Dahlan dipanggil untuk memberikan keterangan terkait kasus dugaan korupsi cetak sawah di Ketapang Kalimantan Barat. Dahlan sendiri datang ke Mapolda Jatim Kota Surabaya ditemani oleh kuasa hukumnya. Pada saat mengunjungi Mapolda Jatim Kota Surabaya tersebut, Dahlan mengenakan baju biru muda dan langsung berjalan menuju ke ruang penyidik Mapolda Jatim Kota Surabaya. Kuasa hukum Dahlan Iskan, Pieter Talaway, mengaku belum mengetahui agenda pemeriksaan tersebut karena belum ada informasi terkait hal tersebut.

 

Sebelumnya pada berita hari ini Surabaya diketahui bahwa proyek cetak sawah di Ketapang Kalimantan Barat memakan cukup banyak korban pejabat mau pun mantan pejabat tinggi negeri. Proyek yang dilaksanakan oleh kementrian BUMN ini awalnya dikerjakan oleh PT Sang Hyang Seri. Lalu selanjutnya proyek tersebut diteruskan oleh beberapa perusahaan yakni PT Hutama Karya, PT Indra Karya, PT Yodya Karya, dan juga PT Brantas Abipraya.  Ada pun BUMN berperan sebagai insiator pada proyek cetak sawah tersebut. Berdasarkan catatan agen judi bola, proyek cetak sawah tersebut memakan biaya sebesar Rp. 317 Miliar. Ada pun banyak pihak yang ikut terseret ke dalam kasus dugaan korupsi proyek cetak sawah ini. Sejumlah pejabat yang terlibat dalam proyek tersebut diduga menyalahgunakan wewenang selama menjabat.

 

Beberapa pihak yang juga terkait dalam kasus dugaan korupsi cetak sawah ini meliputi Bank Nasional Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, PT Asuransi Kesehatan, Pertamina, Perusahaan Gas Negara, Pelindo, dan Hutama Karya. Para pejabat yang memegang wewenang pada periode masa jabatan 2012-2014 dinilai terlibat dengan dugaan kasus korupsi tersebut. Ada pun Dahlan Iskan memegang jabatan sebagai menteri BUMN pada periode masa jabatan 2011 sampai dengan 2014. Hal ini lah yang menyebabkan nama Dahlan Iskan ikut dipanggil dalam kasus proyek cetak sawah di Ketapang Kalimantan Barat tersebut. Demikian pembahasan tentang seputar berita hari ini Surabaya